Penelitian ini memfokuskan pembahasan tentang produk M-Banking yang ditawarkan, nasabah dalam penggunaan produk M-Banking dan upaya meningkatkan pemahaman nasabah menggunakan produk M-Banking pada Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan empiris. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan yaitu dengan cara wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Respnoden pada penelitian ini berjumlah 10 yaitu 2 orang pihak Bank SUMUT Syariah KCP Stabat dan 8 orang nasabah yang menggunakan layanan M-Banking. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu dengan tahap edit, klasisfikasi, verifikasi, analisa dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan produk M-Banking yang ditawarkan Bank SUMUT Syariah KCP Stabat yaitu SUMUT Mobile, persayaratan pendaftaran layanan SUMUT Mobile yaitu nasabah harus memiliki rekening, memiliki HP dan mendownload aplikasinya, menunjukkan identitas diri, nasabah memiliki sim card, selanjutnya jika semua syarat dan ketentuan telah terpenuhi dan nasabah setuju maka akan menerima SMS konfirmasi password M-Bankingnya, setelah itu nasabah dapat menggunakanya. Nasabah Bank SUMUT Syariah KCP Stabat paham terhadap produk M-Banking untuk transaksi keuangan dalam kehidupan sehari-hari, karena mereka sudah paham dan dapat menjelaskan semua hal terkait M-Banking seperti kegunaanya, cara menggunakannya, fitur-fiturnya, bahkan sampai mengetahui tingkat keamanan dalam aplikasi M-Banking. Upaya Bank SUMUT Syariah KCP Stabat meningkatkan pemahaman nasabah menggunakan produk M-Banking yaitu dengan cara: memberikan penjelasan ketika nasabah mendaftar, membuat produk SUMUT Mobile sesederhana mungkin, memiliki menu bantuan di produk SUMUT Mobile dan memiliki situs web produk SUMUT Mobile
Copyrights © 2024