Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 1 (2024): Karimah Tauhid

Cerita Fantasi Sebagai Inovasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Abel, Bherta Amelia (Unknown)
Sya, Mega Febriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Pembelajaran merupakan hal yang sangat penting ada terutama dalam dunia pendidikan. Dunia pendidikan selalu melakukan perubahan-perubahan semakin maju yang membuat pembelajaran juga harus semakin maju. Baik dalam hal materi, model, metode, media dan teknik yang digunakan saat menyampaikan pembelajaran. Namun, pada pembelajaran kita belum sepenuhnya melakukan perubahan yang lebih maju. Sebagai generasi muda, ini menjadi tantangan tersendiri untuk melakukan perubahan yang lebih baik dan keterbaruan. Dikarenakan hal tersebut, didalam pembelajaran harus adanya yang dinamakan inovasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cerita fantasi sebagai inovasi dalam pendidikan. Pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kajian Pustaka. Cerita fantasi ini cocok untuk dijadikan sebagai inovasi dalam pembelajaran dikarenakan dapat membantu siswa dalam berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam membuat inovasi pembelajaran. Salah satunya dilakukan dengan menggunakan sebuah cerita fantasi dalam pembelajaran. Cerita fantasi umumnya sangat menarik digunakan pada pembelajaran. Siswa yang bisa menulis akan cerita, salah satunya mengenai cerita fantasi anak tersebut pasti memiliki pemikiran yang lebih luas untuk menalar dan berpikir kritis. . Hal tersebut membuat cerita fantasi ini cocok untuk dijadikan sebagai inovasi dalam pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...