Proses pembelajaran anak usia dini harus dilaksanakan sesuai dengan tahap perkembangannya, dimana aktivitas bermain menjadi kebutuhan anak yang tidak bisa dipisahkan, karena bermain merupakan satu sarana penting bagi perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak, karena belajar anak adalah bermain. Oleh karena itu pendidik perlu mengadakan pembaruan dalam sebuah pembelajaran dan harus mampu untuk menciptakan pembelajaran kreatif dan inovatif yang disesuaikan dengan perkembangan anak terkhusus dalam jenjang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan tujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran pendidikan anak usia dini di biMBA AIUEO. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa latar belakang lahirnya inovasi kurikulum revolusi belajar biMBA AIUEO adalah agar anak di usia dini dapat memenuhi keleluasaan bermain sambil belajar namun tidak menghilangkan haknya. Metode pembelajaran serta media pembelajaran yang dibuat biMBA lahir dari perspektif terhadap bagaimana pola atau model dalam menumbuhkan minat belajar pada anak usia dini. Dalam menumbuhkan minat baca anak, biMBA AIUEO mempunyai inovasi atau keistimewaan yang tidak dimiliki oleh lembaga pendidikan lainnya yaitu terdapat empat metode pembelajaran dengan tiga metode utama dan satu metode penunjang diantaranya fun learning, small step system, individual system dan variation skill.
Copyrights © 2023