Kebijakan pemerintah untuk mengembangkan bakat dan membangun karakter peserta didik dengan tujuan mencerdaskan anak bangsa dan berkualitas. Dalam sistem pendidikan Indonesia, kurikulum telah diubah sebanyak 11 kali sejak tahun 1947. Kurikulum berfungsi sebagai pengadaptasian, integrator, pembeda, memilih, dan diagnosis Pengelolahan kelas juga berpengaruh dalam pengelolahan tingkah laku peserta didik ketika di dalam kelas sehingga membuat suasa kelas menjadi menyenangkan dan membuat peserta didik nyaman di kelas. Tujuan penelitian in untuk mengetahui upayah implementasi kurikulum merdeka terhadap tingkah laku peserta didik pada kelas tinggi. Penelitian ini menggunakan studi kasus yang memusatkan pada suatu objek kemudian di jelaskan secara rinci kemudia menggabungkan metode pengumpulan data seperti arsip, wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian yaitu guru memiliki beberapa upayah dalam impelemtasi kurikulum merdeka yaitu strategi, kegiatan pembelajaran, praktek, hembatan dan dukungan berdasarkan hasil pembahasan tentang upayah implementasi kurikulum merdeka terhadap tingkah laku peserta didik pada kelas tinggi guru memiliki beberapa upayah sehingga implementasi kurikulum tersebut berjalan dengan semestinya meskipun memili hambatan didalamnya namun dukungan dari warga sekolah dan orang tua juga sangat berpengaruh sehingga peserta didik nyaman dengan implementasi kurikulum merderka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023