Laboratorium pendidikan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Kualitas layanan laboratorium dapat berperan dalam mendukung efektivitas proses pembelajaran. Pelayanan prima di laboratorium pendidikan merupakan faktor yang dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan memastikan bahwa peserta mendapatkan pengalaman pembelajaran bermutu. Meskipun terdapat upaya untuk meningkatkan pelayanan prima di laboratorium pendidikan, berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Maka tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis strategi pelayanan prima di laboratorium pendidikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, melalui pendekatan studi literatur review. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pelayanan prima di laboratorium pendidikan dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran melibatkan: (1) Proses perencanaan: identifikasi kebutuhan, penetapan tujuan pembelajaran, perancangan kurikulum, desain aktivitas pembelajaran, dan pengaturan sumber daya. (2) Proses pelaksanaan: pendidik kompeten, dan mengintegrasikan layanan digital. (3) Proses evaluasi: pengembangan instrumen evaluasi, umpan balik kepada peserta, dan perbaikan strategi.
Copyrights © 2024