Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesederhanaan persyaratan yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Prosedur yang diperlukan sangat rumit dan dapat menimbulkan stres bagi orang yang hendak menunjukkan akta kelahiran, dan pihak berwenang tidak berhati-hati dalam memberikan pelayanan. Hal ini terlihat pada hasil akta kelahiran terdapat kesalahan nama, tempat, tanggal lahir dan nama ayah/ibu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jemput bola terhadap kepuasan penduduk terhadap penyerahan akta kelahiran di Dinas Kependudukan Negara Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian deskriptif dan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan penerbitan akta nikah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Wilayah Bogor baik. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata volume produk aktual tertinggi yaitu 4,33 dengan kategori “Sangat Baik”. Namun, ditemukan nilai mean yang rendah untuk dimensi kepercayaan. Pada kategori tertinggi sebesar 3,94. Hal ini menunjukkan masih adanya kesenjangan kualitas pelayanan dan proses pelayanan perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Berdasarkan hasil koefisien korelasi diperoleh korelasi antar variabel sebesar 0,782 dan koefisien determinasi sebesar 61,1%. Dengan kata lain, kualitas layanan Program Tangkap Bola menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kelengkapan akta kelahiran sebesar 61,1%, dan dampak variabel lain juga sebesar 38,9%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023