Penelitian ini mengulas tentang kurikulum merdeka dalam mengelola kelompok belajar dan rombongan belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang manajemen pengelolaan kelas sesuai dengan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah kuasi kualitatif. Data dikumpulkan melalui survei dan wawancara semi terstruktur dengan 15 guru kelas di Sekolah Dasar. Analisis data menggunakan analisis tematik data kualitatif. Hasil analisis menemukan empat tema utama yaitu, dampak positif, kegiatan, praktik dan hambatan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini berkontribusi pada pengelolaan kelompok belajar dan rombongan belajar pada siswa yang masih kurang efektif. Secara garis besar, keberhasilan kurikulum akan sangat ditentukan oleh kesiapan teknologi, dampak positif dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, lembaga penjaminan mutu pendidikan, perguruan tinggi, sekolah, guru, orang tua dan masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024