Bahasa Inggris adalah alat komunikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang dari negara lain. Karena itu, penting bagi siswa sekolah dasar untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Namun, pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar seringkali menantang bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Inggris siswa sekolah dasar dengan menerapkan dua metode, yaitu metode grammar translation dan metode langsung. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa dalam berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis. Penelitian ini menggunakan metode observasi persentase di kelas PGSD serta penelitian literatur dengan mengkaji jurnal atau artikel yang relevan. The grammer translation method adalah pendekatan di mana guru menerjemahkan bahasa asing ke bahasa ibu selama proses pembelajaran. Sementara itu, metode langsung adalah jenis pendekatan di mana guru mengajar bahasa Inggris tanpa menerjemahkannya ke dalam bahasa ibu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024