Media sosial merupakan strategi komunikasi pemasaran yang harus dimiliki oleh setiap industri pariwisata untuk menjalankan pariwisata. Hal ini bisa sangat membantu dalam menerapkan strategi komunikasi ini, terutama melalui Instagram. Dengan komunikasi yang baik, Anda dapat membantu mereka dan memenuhi kebutuhan mereka. Rencana yang jelas dan efisien diperlukan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan dan mengurangi risiko kegagalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Air Terjun Shigamea di Kabupaten Bogor sebagai promosi wisata melalui Instagram di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara mendalam kepada pihak manajemen serta melakukan observasi dan dokumentasi. Hasil kajian komunikasi pemasaran yang dikembangkan oleh pengelola wisata Air Terjun Shigamea melalui Instagram dengan menggunakan aspek periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, dan pemasaran langsung menunjukkan bahwa keduanya saling berkaitan dan tujuan media sosial pengelola wisata tersebut menunjukkan adanya kesesuaian. Saat memberikan informasi mengenai virus corona, operator juga fokus menjaga pariwisata dan memastikan konten yang mereka berikan bermanfaat bagi wisatawan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024