Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 7 (2024): Karimah Tauhid

Pengaruh Gadget pada Anak Sekolah Dasar mengenai Perkembangan Psikologi terhadap Emosi dan Sosial

Khoerunnisa, Rahma (Unknown)
Laeli, Sobrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan gadget, seperti tablet dan smartphone telah menjadi fenomena yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari terhadap anak sekolah dasar di zaman digital. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh Penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi anak, khususnya pada aspek emosi dan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan gedget mempunyai pengaruh positif atau negatif bagi perkembangan psikologi anak pada emosi dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang mana proses pengumpulan data yang digunakan bersumber dari jurnal, buku, dan artikel yang berhubungan dengan dampak gadget terhadap perkembangan psikologi emosi dan sosial anak. Hasil dari penelitian pengaruh gadget terhadap anak sekolah dasar sudah terpengaruhi dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan psikologi terutama pada emosi dan sosial anak. Emosi anak jadi cenderung mengalami penurunan kemampuan untuk mengenali ekspresi emosi secara langsung dari orang lain. Tetapi hal positif nya pun menunjukkan bahwa anak-anak yang menggunakan gadget secara teratur cenderung memiliki kemampuan belajar lebih baik dari pada menggunakan gadget yang tidak teratur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...