Bahasa Inggris adalah bahasa utama di banyak negara di dunia, sehingga menjadi bahasa universal. Bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam hampir semua aspek kehidupan seperti pendidikan, pekerjaan, bisnis, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dengan membaca beberapa artikel yang sudah dipublikasikan dan observasi di kelas PGSD A saat presentasi. Faktor-faktor kesulitan dalam kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa antara lain guru aktif menjelaskan, namun siswa hanya mendengarkan materi yang diajarkan. Dalam hal ini, guru perlu berperan aktif untuk mengajak dan menarik perhatian siswa dengan menggunakan strategi agar mereka terampil dan mampu mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran mereka. Keberhasilan suatu pelajaran juga ditentukan oleh keaktifan siswa. Metode yang efektif dalam mengatasi masalah ini adalah metode langsung (direct method) karena melibatkan penggunaan bahasa asing secara langsung tanpa terjemahan ke bahasa ibu siswa, didukung dengan penggunaan berbagai teknik seperti gambar, gerakan, objek, tanya jawab, dan latihan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024