Perkembangan bersifat kualitatif serta memiliki hubungan dengan kematangan individu. Perkembangan manusia adalah proses yang kompleks dan meliputi empat bentuk, salah satu diantaranya yakni perkembangan sosial dan emosi, Tujuan dari penelitian yaitu untuk menganalisis kesiapan sosial emosional peserta didik sekolah dasar dalam melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya. Metode yang digunakan yakni metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara terstruktur. Jumlah subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 3 orang. Teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis tematik. Hasil menunjukkan bahwa terdapat setidaknya 6 indikator yang dapat membangun kesiapan sosial emosional peserta didik. Setiap responden siap untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat sekolah menengah pertama. Emosi dan motivasi memainkan peran penting dalam membentuk kesiapan mereka untuk menghadapi tantangan pendidikan.
Copyrights © 2024