Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi program kegiatan pembiasaan siswa SDN Bantarkemang 3 dalam rangka peningkatan pendidikan karakter, khususnya bagi kelas rendah. Setiap siswa hendaknya mengembangkan karakter bawaan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai hasil dari pembiasaan yang diajarkan. Metode studi kasus kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, metode wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Bantarkemang 3 memiliki program kegiatan pembiasaan karakter harian, mingguan, dan tahunan yang memperkuat nilai-nilai. Program ini bersifat terjadwal dan bersyarat, dan tujuannya adalah untuk membantu siswa mengembangkan sikap dan perilaku yang bermoral. Nilai penguatan Pendidikan karakter yang diterapkan ialah nilai religius, nilai nasionalis, dan nilai gotong royong. Ketiga nilai ini diterapkan melalui pembiasaan yang baik yang terjadwal atupun kondisional.
Copyrights © 2024