Kemampuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan peran mereka dalam pembangunan ekonomi khususnya dalam hal penyediaan tenaga kerja dan pendapatan bagi kelompok masyarakat berpendapatan rendah terutama dipengaruhi oleh dukungan pemerintah. Mengembangkan sektor bisnis adalah salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah federal dan daerah untuk meningkatkan standar daya saing. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan dan motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha UMKM kuliner di Kota Bogor. Penelitian ini melibatkan 76 orang pemilik usaha makanan yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor sebagai responden. Metode dari penelitian dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Informasi diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada pemilik usaha. Pengujian yang dilakukan mencakup validitas, reliabilitas, asumsi klasik dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian secara simultan dan parsial berpengaruh positif serta signifikan motivasi dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha, Sedangkan faktor pendorong keberhasilan usaha adalah kemampuan usaha.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024