Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 8 (2024): Karimah Tauhid

Implementasi Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Sekolah Menengah Atas

Rana Zatanda Arifin (Unknown)
Fitrah Sulifah (Unknown)
Rusi Rusmiati Aliyyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Pemelitan ini dilakukan untuk melihat tantangan serta implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah menengah atas (SMA) dari perspektif guru. Analisis data dilakukan menggunakan kuasi kualitatif dengan mengumpulkan data melalui survei yang melibatkan 8 guru dari berbagai SMA di Depok, Cianjur, Sukabumi dan Bangka Belitung. Hasil penelitian menunjukkan dalam pengimplementasi kurikulum merdeka di SMA tidaklah mudah, para guru dihadapkan dengan tantangan untuk mencari metode yang sesuai dalam penerapan kurikulum terhadap peserta didik, penyesuaian metode pengajaran, dan juga harus mampu untuk memahami berbagai karakter perserta didik. Meski terdapat berbagai kendala, sebagian besar guru juga menunjukkan komitmen tinggi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka ini para guru memiliki sikap optimisme untuk mampu memenuhi dan memahami kebutuhan dari peserta didik nya serta mampu berusaha untuk menyesuaikan metode pengajaran sehingga peserta didik mampu memahami pelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan tentang tantangan dan implementasi penerapan kurikulum merdeka di SMA bagi presepsi guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...