Pemelitan ini dilakukan untuk melihat tantangan serta implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah menengah atas (SMA) dari perspektif guru. Analisis data dilakukan menggunakan kuasi kualitatif dengan mengumpulkan data melalui survei yang melibatkan 8 guru dari berbagai SMA di Depok, Cianjur, Sukabumi dan Bangka Belitung. Hasil penelitian menunjukkan dalam pengimplementasi kurikulum merdeka di SMA tidaklah mudah, para guru dihadapkan dengan tantangan untuk mencari metode yang sesuai dalam penerapan kurikulum terhadap peserta didik, penyesuaian metode pengajaran, dan juga harus mampu untuk memahami berbagai karakter perserta didik. Meski terdapat berbagai kendala, sebagian besar guru juga menunjukkan komitmen tinggi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka ini para guru memiliki sikap optimisme untuk mampu memenuhi dan memahami kebutuhan dari peserta didik nya serta mampu berusaha untuk menyesuaikan metode pengajaran sehingga peserta didik mampu memahami pelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan tentang tantangan dan implementasi penerapan kurikulum merdeka di SMA bagi presepsi guru.
Copyrights © 2024