Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian sederhana (Simple Research Design). Untuk menjelaskan tentang Penilaian Kinerja Guru pada Sekolah Dasar. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan delapan guru Sekolah DasarĀ yang berasal dari Kabupten Bogor, Kabupaten Bandung dan Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini memberikan gambaran komprehensif mengenai Kinerja Guru pada Sekolah Dasar dalam mewujudkan kualitas pendidikan unggul, mengukur kinerja individu serta mendukung pengembangan sistem pendidikan yang lebih baik secara keseluruhan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa setiap guru memiliki motivasi tersendiri untuk menjadi guru professional, memiliki berbagai strategi dalam menghadapi permasalahan, memiliki berbagai cara dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa serta melakukan evaluasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Namun, ada beberapa guru yang hanya bisa mengajar akan tetapi tidak bisa menjadi guru professional yang inovatif dan kreatif. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk melihat kinerja guru pada sekolah dasar.
Copyrights © 2024