Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 8 (2024): Karimah Tauhid

Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa SD dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Sabila, Neng Diva (Unknown)
Hanniyah Farhah, Hani (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang efektif untuk mendorong siswa sekolah dasar agar tertarik untuk mengembangkan kreativitas dalam menulis narasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif termasuk wawancara dengan guru dan studi literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang intensif melalui diskusi kolaboratif dan proyek, membaca berbagai jenis literatur, latihan menulis yang konsisten dengan umpan balik yang konstruktif, dan kegiatan naratif dengan menggunakan berbagai media dapat meningkatkan kemampuan menulis naratif siswa secara signifikan. Strategi ini tidak hanya meningkatkan motivasi siswa, tetapi juga mengembangkan keterampilan menulis dan meningkatkan kreativitas dalam bercerita.Hasil penelitian ini memberikan solusi praktis untuk meningkatkan pembelajaran menulis cerita di sekolah dasar dan memberikan panduan bagi para guru untuk menerapkan metode pengajaran yang lebih efektif, yang disadari dan dapat diperbaiki di masa mendatang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...