Melaksanakan tanggung jawabnya dan mencapai tujuan pendidikan nasional tergantung pada peran guru yang begitu penting. Peran guru tidak gampang digantikan oleh orang lain kecuali orang tua, karena orang tua adalah guru paling utama bagi anaknya. Oleh karena itu, peningkatan dan pembinaan profesional guru harus menjadi prioritas utama. Penelitian ini menyelidiki kebijakan pendidikan dalam upaya meningkatkan pekerjaan guru. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan penelitian yang langsung turun kelapangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketika kebijakan pendidikan dilakukan untuk meningkatkan profesi guru, status mereka semakin dilindungi secara hukum. Selain itu, dengan pelatihan guru, guru dapat mempertahankan harkat dan profesionalisme mereka sebagai guru. Hal ini menunjukkan bahwa mereka menikmati hal yang sama dengan lebih banyak. Penelitian ini membantu guru menjadi profesional dalam mengajar dan menghadapi peserta didik. Karena, tidak semua guru bisa menghadapi perserta didik dengan profesional.
Copyrights © 2024