Meskipun penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi meningkatkan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran, namun kenyataannya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para pendidik. Beberapa permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran di kelas IV SDN Cisarua 01 adalah: 1) Beberapa peserta didik tidak konsentrasi ketika belajar 2) Sebagian peserta didik mengobrol pada saat pembelajaran 3) Peserta didik terlihat bosan pada saat pembelajaran 4)  Penggunaan media pembelajaran yang monoton 5) Peserta didik kurang bersemangat, mengikuti pembelajaran 6) Materi IPA cukup sulit dipahami . Metode penelitian ini menggunakan penelitian  studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi terhadap satu guru dan enam siswa di kelas IV. Prosedur analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi teknik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran  Games Quiziz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di SDN Cisarua 01. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1) Media Quiziz berpengaruh terhadap Minat belajar belajar siswa dalam mata pelajaran IPA 2). Siswa lebih giat belajar,  terdapat  peningkatan minat belajar, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif, bervariasi, efektif dan efisien, dan materi pembelajaran dapat disajikan lebih menarik. siswa merasa senang karena pembelajaran tidak membosankan, mempermudah guru dalam pembelajaran, membantu dalam menyampaikan materi pembelajaran karenan banyak fitur-fitur di dalamnya.3) Kendala yang yang dialami ketika menggunakan Quiziz yaitu jaringan yang tidak stabil , Solusinya sekolah harus Memfasilitasi wifi yang dapat digunakan oleh banyak siswa baik di lantai atas dan di lantai bawah, Kendala  kedua adalah batas waktu yang diberikan terlalu singkat. Solusinya siswa harus lebih maksimal dalam belajar sebelum mengerjakan soal quiz, karena waktu dalam pembuatan soal menggunakan quiziz disesuaikan dengan tingkat kesukaran soal yang akan di buat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024