Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 9 (2024): Karimah Tauhid

Pengelolaan Kelas Berbasis Emotional Qoutient (EQ) dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman di SMK Ar-Rahma

Fahrudin, Ujang Ahmad (Unknown)
Haris, Ridwan (Unknown)
Indra, Syukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2024

Abstract

Pengelolaan Kelas dan Kecerdasan Emosional (EQ) merupakan dua faktor yang dapat berkontribusi terhadap terciptanya lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami peran kecerdasan emosional (EQ) dan manajemen kelas dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metodologi korelasi fungsional. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket sebagai sumber data. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 121 Guru. Memanfaatkan Rumus Slovin untuk mengurangi ukuran sampel penelitian, yang terdiri dari 89 guru.​ Dalam penelitian ini menggunakan perangkat lunak statistik SPSS Ver. 26. Hasil analisis data uji-t menunjukkan bahwa hitung pengelolaan kelas (X1) sebesar 2,326 dengan nilai sig dari ​0,022 dan ambang signifikansi sebesar 0,05. Dapat disimpulkan menjadibahwa berdasarkan hasil sig yang sedikit lebih kecil dari ambang batas signifikansi (0,022 < 0,05) maka kesimpulan ditolak dan Ha diterima serta Kecerdasan Emosional ( EQ) ( X2 ) yang diperoleh sebesar 2,055 , nilai sig berada pada kisaran 0,000 dan ambang batas signifikansi yang ditetapkan sebesar 0,05 untuk keduanya .bahwa berdasarkan hasil sig yang agak lebih kecil dari ambang batas signifikansi (0,022 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima serta nilai Kecerdasan Emosional ( EQ ) (X2) yang diperoleh sebesar 2,055, nilai sig berada pada kisaran 0,000 dan ambang batas signifikansi yang ditetapkan sebesar 0,05 untuk keduanya . Dapat disimpulkan bahwa apabila hasil sig lebih kecil dari ambang batas signifikansi ( 0,000 < 0,05 ) menyimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima .bahwa apabila hasil sig lebih kecil dari ambang batas signifikansi ( 0,000 < 0,05 ) maka H0 ditolak dan Ha diterima . Berdasarkan koefisien determinasi yang telah ditetapkan , kualitas lingkungan belajar ( X1) dan kecerdasan emosional (EQ) (X2) memberikan kontribusi pengaruh positif lingkungan belajar sebesar 61,6 % , sedangkan faktor lain yang tidak dipertimbangkan dalam penelitian ini memberikan kontribusi pengaruh negatif sebesar itu 38 ,4 % .Koefisien determinasi yang ditetapkan , kualitas lingkungan belajar ( X1) dan kecerdasan emosional (EQ) (X2) memberikan kontribusi pengaruh positif lingkungan belajar sebesar 61,6% , sedangkan faktor lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini memberikan kontribusi pengaruh negatif sebesar 38,4 % . Dari sini dapat disimpulkan menjadibahwa hasil penelitian ini mendukung penggunaan kecerdasan emosi (EQ) kelas untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman.​

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...