Perkembangan teknologi informasi membuat Instagram menjadi alat promosi efektif di industri pariwisata. Damar Langit Resort di Bogor menggunakan Instagram untuk menarik Minat Pengunjung wisatawan. Namun, ada beberapa kendala dalam pemanfaatannya, seperti jaringan yang tidak stabil, perangkat lunak yang belum memadai, dan miskomunikasi dalam tim. Penelitian bertujuan agar dapat mengetahui pengaruh Konten Instagram @damarlangitresort terhadap Minat Pengunjung wisatawan di Damar Langit Resort Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif dengan lokasi penelitian di Damar Langit Resort Kabupaten Bogor. Pengumpulan data melalui kuesioner melibatkan 100 sampel responden dari total 86,5 Ribu populasi pengikut instagram @damarlangitresort, yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan rumus slovin atau yamane. Data dikumpulkan melalui penelitian kepustakaan, observasi, wawancara, dan kuesioner. Dalam analisis data, diterapkan metode korelasi Rank Spearman. Temuan penelitian memperoleh hasil bahwa konten Instagram @damarlangitresort memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Pengunjung ke Damar Langit Resort, dengan koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,659 dan signifikansi di bawah 0,001. Skor rata-rata konten Instagram adalah 4,18, menandakan bahwa konten tersebut sangat baik dan menarik. Sementara Minat Pengunjung memiliki skor 3,93, menunjukkan bahwa meskipun Konten Instagram efektif, masih ada ruang untuk meningkatkan Minat Pengunjung melalui strategi tambahan seperti promosi dan diskon. Penelitian ini menegaskan pentingnya kualitas Konten Instagram dalam menarik Minat pengunjung dan menyarankan fokus pada strategi pemasaran digital yang berkelanjutan.
Copyrights © 2024