Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 7, No 1 (2024): April

Landasan Pendidikan Karakter dalam Pandangan Teori Perkembangan Moral Kognitif

Fauzi, Achmad (Unknown)
Hasanah, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menginvestigasi landasan pendidikan karakter dalam pandangan teori perkembangan moral Kohlberg dan Piaget. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan kriteria tertentu untuk memastikan keakuratan dan keterkaitan dengan topik penelitian. Dalam penelitian ini, tidak ada partisipan langsung yang terlibat. Pendekatan studi kepustakaan mengharuskan pengambilan data dari berbagai sumber perpustakaan seperti buku, artikel jurnal, dan materi tercetak terkait. Teknik pengumpulan data melibatkan penggunaan instrumen analisis literatur yang terdiri dari analisis isi dan analisis tematik. Bahan pustaka yang dianalisis termasuk buku teks, artikel jurnal ilmiah, laporan riset, serta materi pendukung seperti pedoman kurikulum dan kebijakan pendidikan. Analisis isi dilakukan untuk mengidentifikasi tema-tema utama, konsep, dan definisi yang relevan dengan landasan pendidikan karakter. Selain itu, analisis tematik digunakan untuk mengorganisir dan memahami pola-pola ide dan gagasan yang muncul dari literatur yang dianalisis, dengan fokus pada aspek karakter dan pendidikan.Abstract: This research uses a qualitative approach to investigate the foundations of character education in the perspective of Kohlberg and Piaget's moral development theories. The research utilizes a bibliographic approach with specific criteria to ensure the reliability and relevance of the sources to the research topic. In this research, there is no direct participation involved. The bibliographic approach requires data collection from various library sources such as books, journal articles, and printed materials. Data collection techniques involve the use of analytical tools for literature analysis, which include content analysis and thematic analysis. The analyzed materials include textbooks, journal articles, research reports, and supporting materials such as curriculum guidelines and educational policies. Content analysis is used to identify main themes, concepts, and definitions relevant to character education. Thematic analysis is used to organize and understand the patterns of ideas and concepts that emerge from the analyzed literature, focusing on aspects of character and education.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...