Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 7, No 2 (2024): Juli

Desain Penguatan Karakter Ekoliterasi Murid Kawasan Pesisir

Septiani, Endah (Unknown)
Handoyo, Eko (Unknown)
Setyowati, Dewi Liesnoor (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Abstrak: Ekoliterasi menjadi karakter yang diharapkan tumbuh di murid saat ini. Mengingat isu perubahan iklim memberikan dampak yang berkepanjangan pada aspek pendidikan. Pesisir menjadi kawasan yang rentan terdampak perubahan iklim. Oleh karenanya tujuan dari tulisan ini untuk menyusun rancangan rancang desain penguatan karakter ekoliterasi murid bagi sekolah kawasan pesisir. Metode yang digunakan melalui studi literatur dari berbagai panduan dan hasil penelitian sampai mewujudkan desain penguatan karakter ekoliterasi yang sesuai bagi murid kawasan pesisir. Melalui kajian literatur dari berbagai panduan dan hasil penelitian terkait, penguatan ekoliterasi di sekolah kawasan pesisir dapat dilakukan dengan integrasi ekoliterasi pada kurikulum, metode pembelajaran berbasis proyek, pendekatan sekolah hijau, model pembelajaran luar ruang, pelatihan guru, keterlibatan komunitas, dan pemanfaatan teknologi. Harapannya dengan berbagai strategi yang dilakukan dapat menguatkan karakter ekoliterasi murid kawasan pesisir.Abstract: Ecoliteracy is a character that is expected to grow in today's students. Considering that the issue of climate change has a lasting impact on aspects of education. Coastals are areas that are vulnerable to climate change. Therefore, the aim of this paper is to prepare a design to strengthen students' ecoliteracy character for coastal area schools. The method used is through literature studies from various guides and research results to create a design for strengthening ecoliteracy characters that is suitable for students in coastal areas. Through a literature review of various guides and related research results, strengthening ecoliteracy in coastal area schools can be done by integrating ecoliteracy into the curriculum, project-based learning methods, green school approaches, outdoor learning models, teacher training, community involvement, and the use of technology. It is hoped that the various strategies implemented can strengthen the ecoliteracy character of students in coastal areas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...