Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Fluida melalui penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang melibatkan kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tahap perencanaan melibatkan observasi awal untuk mengidentifikasi masalah, penyusunan skenario pembelajaran Quantum Teaching, dan persiapan alat evaluasi. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan menerapkan skenario pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran Fluida. Tahap pengamatan mencakup pengambilan data hasil belajar melalui tes tertulis, lembar observasi, dan kuesioner tanggapan siswa. Sedangkan tahap refleksi digunakan untuk mengevaluasi proses dan dampak dari tindakan perbaikan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam materi Fluida setelah penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Hal ini terlihat dari distribusi skor siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklus penelitian. Dari analisis data, terlihat bahwa sebagian besar siswa memperoleh skor yang lebih tinggi setelah diterapkannya Model Pembelajaran Quantum Teaching. Abstract: This study aims to improve students' learning outcomes in Fluid material through the implementation of the Quantum Teaching Learning Model. The research method used is Classroom Action Research involving collaboration between researchers and classroom teachers. The research was conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The planning stage involves initial observations to identify problems, the development of Quantum Teaching learning scenarios, and the preparation of evaluation tools. The action is implemented by applying the Quantum Teaching learning scenario to Fluid teaching. The observation stage includes collecting learning outcome data through written tests, observation sheets, and student response questionnaires. Meanwhile, the reflection stage is used to evaluate the process and impact of the corrective actions taken. The results show an improvement in students' learning outcomes in Fluid material after the implementation of the Quantum Teaching Learning Model. This is evidenced by the distribution of student scores which increased in each research cycle. From the data analysis, it is evident that the majority of students achieved higher scores after the implementation of the Quantum Teaching Learning Model.
Copyrights © 2023