Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 7, No 2 (2024): Juli

Pendidikan Karakter Nasionalis dan Berintegritas pada Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Persis Kabupaten Majalengka

Saefullah, Agus Susilo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Abstrak: Permasalahan karakter seperti radikalisme, separatisme, penyalahgunaan narkoba, dan sebagainya dewasa ini cukup menjadi perbincangan hangat. Dalam hal ini, lembaga pendidikan terutama pendidikan Islam berperan vital dalam pembentukan karakter anak bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kurikulum yang digunakan dalam menginternalisasi karakter nasionalis dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat proses pendidikan karakter nasionalis dan berintegritas di MTs al-Ishlah Persis Kabupaten Majalengka. Subjek primer penelitian ini terdiri dari Mudirul Aam, Kepala Madrasah, pembimbing asrama, dan dokumen-dokumen MTs al-Ishlah Persis yang dilengkapi dengan sumber sekunder yaitu guru-guru, orang tua, murid, dan tokoh masyarakat sekitar madrasah. Sehubungan dengan itu, penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik triangulasi yaitu reduksi data, display data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan adalah berorientasi pada moral knowing, moral feeling, dan moral action. Adapun faktor-faktor pendukung proses pendidikan karakter tersebut adalah status madrasah swasta dan berasrama sehingga proses pendidikan disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Sementara itu, faktor penghambatnya, yaitu indikator nilai-nilai karakter yang belum representatif, kurangnya aspek pedagogis pada guru, dan kurangnya kerja sama antara pihak madrasah dengan orang tua. Manfaat dari hasil penelitian ini adalah memberikan rekomendasi kepada pihak madrasah untuk meningkatkan kualitas kurikulum dan strategi pengajaran guna membentuk karakter nasionalis dan berintegritas pada siswa, serta mendorong kerjasama yang lebih erat antara madrasah dan orang tua siswa.Abstract: Character problems such as radicalism, separatism, drug abuse, and so on are currently quite hot topics of discussion. In this case, educational institutions, especially Islamic education, play a vital role in forming the character of the nation's children. This research aims to identify the curriculum used to internalize nationalist character and identify supporting and inhibiting factors in the process of education for nationalist character and integrity at MTs al-Ishlah Persis, Majalengka Regency. The primary subjects of this study consist of the Mudirul Aam, the Head of the Madrasah, the boarding school supervisors, and documents from MTs al-Ishlah Persis. This is supplemented by secondary sources, including teachers, parents, students, and community leaders around the madrasah. In this regard, this research is descriptive qualitative research. The data in this research was collected through observation, interviews and documentation. The data were then analyzed using triangulation techniques, including data reduction, display, and conclusion drawing. The research results show that the curriculum used is oriented towards moral knowing, moral feeling, and moral action. The supporting factors for the character education process are the status of private and boarding schools so that the education process is adapted to local needs. Meanwhile, the inhibiting factors are indicators of character values that are not yet representative, a lack of pedagogical aspects for teachers, and a lack of cooperation between the madrasah and parents. The benefits of this research include providing recommendations to the madrasah to enhance the quality of the curriculum and teaching strategies aimed at developing nationalist and integrity-based character in students and encouraging closer cooperation between the madrasah and parents.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...