Abstrak: Hambatan dalam pembelajaran dalam diri siswa ada berbagai jenis, salah satunya adalah rasa bosan. Hambatan ini dapat diatasi dengan adanya inovasi pembelajaran. Salah satu cara untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan adalah dengan penggunaan ice breaking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ice breaking “draw my mind” dalam mengatasi rasa bosan siswa dalam pembelajaran. Teknik sampling yang digunakan yakni purposive sampling dengan melibatkan 24 siswa kelas IV SDN Kedunglumpang 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ice breaking “draw my mind” berguna untuk mengatasi rasa bosan siswa dalam pembelajaran. Siswa merasa antusias untuk mengikuti ice breaking tersebut dibuktikan dengan reaksi siswa saat melaksanakan ice breaking dan ketika mengikuti pembelajaran. Selain itu, penggunaan ice breaking ini dapat memberikan preferensi bagi guru untuk menghilangkan rasa jenuh siswa ketika pembelajaran berlangsung di jam-jam siang.Abstract: There are different types of barriers to learning that students may face, one of which is boredom. This obstacle can be overcome through learning innovation. One way to make learning more engaging is to use icebreakers. This study aims to assess the effectiveness of the "draw my mind" icebreaker in addressing students' boredom with learning. The study employed purposive sampling and involved 24 fourth-grade students from Kedunglumpang 1 Elementary School in Jombang. It utilized a descriptive qualitative method with a case study approach, and data was collected through interviews and observation. The results showed that the "draw my mind" icebreaker was effective in combating students' boredom with learning. Students displayed enthusiasm during the icebreaker activity and throughout the lesson. Additionally, the use of icebreakers can offer teachers options to alleviate students' boredom during daytime learning sessions. as evidenced by the students' reactions when carrying out the ice breaking and when taking part in the lesson. Apart from that, the use of icebreakers can provide preferences for teachers to relieve students' boredom when learning takes place during the daytime hours.
Copyrights © 2024