Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 10 (2024): Karimah Tauhid (On Proses)

Perencanaan Desain Visual Kemasan Produk Pangan dengan Pendekatan Kansei Engineering

Campakasari, Nia (Unknown)
Delfitriani (Unknown)
Ginantaka, Aditia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Kemasan memiliki peran penting dalam menarik perhatian konsumen, karena mereka cenderung langsung memperhatikan kesan yang ditampilkan oleh kemasan. Oleh karena itu, desain kemasan harus mampu memikat konsumen agar menghasilkan respon positif dan mendorong keinginan untuk membeli (Sudjana, 2020). Dalam mempertahankan daya saing perusahaan dapat memberikan kemasan terbaik untuk menarik minat konsumen, suatu produk harus mampu memikat perhatian mereka, sehingga dapat memenangkan persaingan yang ketat (Apriyanti, 2018). Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kansei engineering sebagai upaya redesain kemasan produk pangan. Penelitian ini berupa studi literatur artikel yang merupakan review dari beberapa jurnal nasional mengenai penelitian yang berhubungan dengan redesain kemasan pada produk pangan dengan pendekatan kansei engineering. Berdasarkan hasil literatur review masing-masing dari produk pangan memiliki konsep desain yang berbeda. Setiap kemasan memiliki elemen desain yang berbeda sesuai dengan jenis produk yang digunakan. Desain akhir dari pengembangan desain visual produk berdasarkan pada aturan analisis data yang digunakan atas dasar persepsi konsumen pada masing-masing produk pangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...