Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan yang diselenggarakan oleh Sistem Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial ( BPJS ) di Puskesmas Caringin Kabupaten Bogor dalam rangka inisiatif pemerintah untuk meningkatkan akses kesehatan yang merata. Sistem BPJS diharapkan dapat meningkatkan akses yang lebih baik dan merata kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan yang berkualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu uraian yang berupa penggambaran untuk menjelaskan jawaban yang diberikan responden dalam kuesioner, data- data yang diperoleh melalui observasi , wawancara ,angket, daftar pustaka dan dokumentasi lapangan. Teknik menghitung data kuesioner dengan weight mean score (WMS). Adapun sampel yang diteliti berjumlah 96 orang yang merupakan peserta BPJS di Puskesmas Caringin. Terdapat enam dimensi dalam penelitian ini yaitu ketepatan waktu pelayanan, ketersediaan obat-obatan, kesopanan pelayanan, kenyamanan pelayanan, adanya tenaga medis. Hasil penelitian menunjukan pelayanan yang diselenggarakan melalui sistem BPJS di Puskesmas Caringin Kabupaten Bogor sudah efektif.
Copyrights © 2024