Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh kontrol diri terhadap kebiasaan belajar siswa SMK Pancasila 8 slogohimo di Slogohimo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 118 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel random sempling sebanyak 35 siswa. Teknik pengumulan data menggunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner kontrol diri berdasarkan teori Averil (Thalib, 2010) dan kuesioner kebiasaan belajar berdasarkan teori Nana Sudjana (Maulidya Nina Rakhmanti, 2014). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS for Windows Release 20.0. Hasil analisis pengaruh kontrol diri terhadap kebiasaan belajar siswa SMK Pancasila 8 Slogohimo di Slogohimo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri memperoleh hasil Fhitung sebesar 51.077 dengan sig. = 0,000. Oleh karena itu nilai nilai sig. < 0,05 maka Ho (ρ = 0) ditolak yang artinya kontrol diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kebiasaan belajar. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kontrol diri siswa SMK Pacasila 8 Slogohimo sebesar 57,8 % dipengaruhi oleh variabel kebiasaan belajar dan sisanya 42,2 % dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2023