Fenomena promosi makanan di Platform Instagram yang dilakukan oleh food influencer cukup banyak ditekuni dan tersebar di kota-kota besar, salah satunya di Kota Padang. Di Kota Padang terdapat beberapa food influencer yang cukup potensial untuk dijadikan sebagai pihak ketiga dari kegiatan pemasaran produk dan dapat mempengaruhi para pengikutnya. Salah satu food Influencer Kota Padang yaitu Rico Sapta Hadi yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana endorsement dengan nama akun @ricosapatahadiDikenal dengan panggilan Dalipp, Rico Sapta Hadi salah satu food influencer terkenal di Sumatera Barat. Pria asal Kabupaten Agam ini memiliki pengikut 107 ribu di Platform Instagramnya. Fokus konten seputar kuliner dan makanan dari tahun 2019 sampai sekarang Rico Sapta Hadi atau dikenal dengan panggilan Dalipp banyak di endorsement oleh owner resto&cafe atau para usaha kuliner dan makanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi persausif food influencer@richosaptiadi melalui Instagram dan untuk mengetahui hambatan food influencer @richosaptiado dalam mempromosikan makanan dii Instagram. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini diantaranya startegi komunikator food influencer @richosaptiadi memiliki kredibilitas dalam mempromosikan makanan sehingga follower terbujuk untuk membeli. Startegi pesan dengan teknik integritas mengunakan slogan Bahasa daerah “alah tau sanak” untuk menarik perhatian followers. Hambatan food influencer @richosaptiadi diantaranya harus mempromosikan makanan yang tidak enak untuk dipromosikan tetapi tetap harus mempromosikan. Pentingnya hasil penelitian ini selain untuk menambah khasanah ilmu komunikasi di bidang komunikasi persuasif juga berguna dan bermanfaat bagi setiap individu yang ingin belajar jadi seorang food influencer untuk memiliki banyak endorsement di instagram
Copyrights © 2024