JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi)
Vol 7 No 1 (2022): JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi)

Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Dan Kegunaan Atau Manfaat Terhadap Brand Image (Citra Merek) Pada Produk GEELA di JM GROUP Lemabang Palembang

melati, ajeng putri (Unknown)
Utari, Dian (Unknown)
Aktarina, Destia (Unknown)
Jannah, Miftahul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, dan Kegunaan atau Manfaat Terhadap Brand Image (Citra Merek) Pada Produk GEELA di JM Group Lemabang Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Kualitas Produk (X1), Pelayanan (X2), dan Kegunaan atau Manfaat (X3) secara parsial dan simultan terhadap Brand Image / Citra Merek (Y) pada produk GEELA di JM Group Lemabang Palembang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 responden. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu suatu sampel yang terdiri atas sejumlah elemen yang dipilih secara acak, dimana setiap elemen atau anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis verifikatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Brand Image / Citra Merek (Y). Dengan nilai thitung (1.720) > ttabel (1,679) dan nilai signifikan 0,092 > 0,05, variabel Pelayanan (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap Brand Image / Citra Merek (Y). Dimana nilai thitung (-0,861) < ttabel (1,679) dan nilai signifikan 0,393 > 0,05, sedangkan variabel Kegunaan atau Manfaat (X3) berpengaruh signifikan terhadap Brand Image / Citra Merek (Y). Dimana hasil diperoleh, nilai thitung (4,092) > ttabel (1,679) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, Secara simultan Kualitas Produk (X1), Pelayanan (X2), Kegunaan atau Manfaat (X3) Berpengaruh Signifikan Terhadap Brand Image / Citra Merek (Y) dengan Fhitung sebesar 8,711 dengan tingkat nilai signifikan sebesar Fhitung (8,711) > Ftabel (1,679) dan tingkat signifikan (0,000 < 0,05). Koefisien Determinasi (R2) adalah sebesar 0,682 (68,2%) berarti bahwa variabel Kualitas Produk (X1), Pelayanan (X2), Kegunaan atau Manfaat (X3) menjelaskan Brand Image / Citra Merek (Y) sebesar 68,2% sedangkan sisanya 31,8% (100% - 68,2%) dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jembatan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMBATAN adalah sebuah medium yang digunakan oleh Mulia Darma Pratama untuk menjembatani civitas akademika termasuk akademisi dan mahasiswa dalam melaksanakan salah satu unsur Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu penelitian pada bidang Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi, baik ...