JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi)
Vol 7 No 1 (2022): JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi)

PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK CIMORY (STUDI KASUS PADA ALFAMART KIMAROGAN 2 KERTAPATI PALEMBANG)

nuraini, nuraini (Unknown)
hendrayani, iin (Unknown)
Faitullah, Faitullah (Unknown)
ridho, ahmad muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati Palembang). Saat ini, banyak terdapat susu siap saji dalam kemasan yang beredar dipasaran, salah satunya susu fermentasi. Di Indonesia, susu fermentasi dalam kemasan cukup digemari karena dapat dinikmati oleh siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak. Merek-merek produk susu fermentasi dalam kemasan yang sudah beredar di Indonesia antara lain Yakult, Cimory, Calpico, dan Vitacham. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana pengaruh promosi dan harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati)? 2) bagaimana pengaruh promosi dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati)?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati). 2) untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) dapat dijelaskan : Variabel Promosi (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati), jadi hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Variabel Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati), jadi hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Hasil uji F (secara simultan) menyatakan Promosi (X1) dan Harga (X2) berpengaruh positif terhadap Kepuasan konsumen (Y) produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati). Koefisien determinasi Adjusted R Square menunjukkan bahwa Kepuasan konsumen (Y) dipengaruhi oleh variabel Promosi (X1) dan Harga (X2) sebesar 84,3%, sedangkan sisanya sebesar 15,7% (100% - 84,3%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jembatan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMBATAN adalah sebuah medium yang digunakan oleh Mulia Darma Pratama untuk menjembatani civitas akademika termasuk akademisi dan mahasiswa dalam melaksanakan salah satu unsur Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu penelitian pada bidang Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi, baik ...