JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi)
Vol 9 No 1 (2024): JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA SHOPEE (STUDI KASUS PELANGGAN SHOPEE DI KELURAHAN KEMAS RINDO KECAMATAN KERTAPATI KOTA PALEMBANG)

Saputra, Muhammad Aldi (Unknown)
Ridho, Ahmad Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan faktor penting dalam kesuksesan jangka panjang suatu platform e-commerce. Pelanggan yang loyal cenderung melakukan pembelian berulang, memberikan umpan balik positif, dan merekomendasikan platform tersebut kepada orang lain. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan Shopee sangat penting bagi perusahaan untuk mempertahankan pangsa pasar mereka dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu kemudahan dan kepercayaan. Pada penelitian ini hanya menggunakan dua variabel yaitu kemudahan dan kepercayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemudahan, kepercayaan dan loyalitas pelanggan pengguna Shopee di Kelurahan Kemas Rindo, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang, serta untuk mengetahui pengaruh kemudahan, kepercayaan dan loyalitas pelanggan pengguna Shopee di Kelurahan Kemas Rindo, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode analisis data yang digunakan deskriptif. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kemudahan pelanggan membeli produk di shopee dengan tingkat persentase sebesar 88,87% dan kepercayaan pelanggan membeli produk di shopee dengan tingkat persentase sebesar 88,87%. Tingkat persentase kedua variabel tersebut dapat dikategorikan sangat baik karena berada pada skala interval 84,01%-100%. Berdasarkan paparan analisis di atas, faktor kemudahan dan kepercayaan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pengguna shopee dengan sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jembatan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMBATAN adalah sebuah medium yang digunakan oleh Mulia Darma Pratama untuk menjembatani civitas akademika termasuk akademisi dan mahasiswa dalam melaksanakan salah satu unsur Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu penelitian pada bidang Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi, baik ...