THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 5 No 1 (2024): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ARCS Terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik

Safitri, Anisa Dewi (Unknown)
Raharja, Surya Putra (Unknown)
Astutik, Heny Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan penalaran peserta didik apakah adanya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan penalaran peserta didik atau tidak adanya pengaruh. Penelitian ini merupakan jenis penelitia Pre Experimental dengan desain One Group Pretest Posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peseerta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Sorong yang terdiri dari 11 kelas dan di pilih secara acak satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII I. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 3 Kota Sorong sebelum adanya perlakuan dengan nilai pretest 42,88 dan dengan sesudah diberikannya perlakuan dengan nilai posttest 83,44. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan penalaran peserta didik dikelas VIII I SMP Negeri 3 Kota Sorong.Kata Kunci : Model Pembelajaran ARCS, Kemampuan penalaran peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...