THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 5 No 1 (2024): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis

Sugihandardji, Chumaedi (Unknown)
Ahmad, Ahmad (Unknown)
Gunawan, Gunawan (Unknown)
Sistyaningsih, Novitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Studi ini mengkaji analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sokaraja dengan melihat kecerdasan logis matematis. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Peneliti mengkategorikan siswa dalam tiga kategori: tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan kecerdasan logis matematis mereka. Metode sampling purposive digunakan untuk mengumpulkan sampel dari tiga siswa yang memiliki tingkat kecerdasan logis dan matematis yang berbeda. Angket, tes, dan wawancara adalah metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data seperti reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memecahkan masalah, siswa dengan kecerdasan logis dan matematis tinggi mampu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, melihat dan meneliti kembali jawaban. Siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah mampu memahami masalah dan merencanakan penyelesaiannya, sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang mampu memahami masalah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...