Komunikasi interpersonal antara dokter dan pasien sangatlah penting dalam melakukan promosi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh komunikasi interpersonal dokter dan pasien terhadap kepuasan pasien dengan pendekatan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Penelitian ini menggunakan metode systematic review dengan menggunakan artikel jurnal yang penerbitannya kurang dari 10 tahun dan tersedia di database online Google Scholar. Hasilnya didapatkan adanya hubungan antara komunikasi yang diberikan tenaga kesehatan terhadap kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Adanya upaya K3RS sebagai pencegahan, peningkatan mutu kualitas rumah sakit, pengobatan, serta pemulihan. Kepuasan pasien sangat berhubungan dengan K3RS karena pasien dan pendamping pasien yang dijaga kesehatan dan keselamatannya selama di rumah sakit akan merasa nyaman, dan percaya terhadap rumah sakit ataupun tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut. Kepuasan pasien juga mempengaruhi mutu layanan kesehatan.
Copyrights © 2023