Pendidikan kewirausahaan berbasis kearifan lokal memiliki potensi besar untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa, memperkuat identitas budaya, memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan masyarakat lokal, serta menciptakan wirausaha yang berdampak positif bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi dan tantangan dalam mengintegrasikan kearifan lokal dalam kurikulum kewirausahaan serta mengidentifikasi strategi efektif untuk meningkatkan daya saing mahasiswa dalam dunia kerja. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif, mengutamakan analisis literatur sebagai sumber data. Dengan menggunakan basis data seperti Google Scholar, artikel diidentifikasi, disaring berdasarkan relevansi, dan dianalisis secara induktif untuk mengekstraksi dan mensintesis data. Validitas dijamin melalui dokumentasi sistematis dan triangulasi. Hasil penelitian menyoroti pentingnya pengenalan kearifan lokal dalam pendidikan kewirausahaan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa, memperkuat identitas budaya, dan memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan masyarakat lokal. Namun, tantangan seperti kompleksitas integrasi nilai-nilai lokal dan kurangnya pemahaman dari pihak pengajar juga ditemukan. Meskipun demikian, implementasi praktik lokal dalam kurikulum kewirausahaan menawarkan peluang bagi pengembangan keterampilan praktis dan memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan masyarakat lokal. Kesimpulannya, dengan mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang, pendidikan kewirausahaan berbasis kearifan lokal dapat menjadi sarana yang efektif untuk menciptakan wirausaha yang berdampak positif bagi masyarakat dan ekonomi lokal
Copyrights © 2024