Journal of Hospital Management
Vol 7, No 01 (2024): Journal of Hospital Management

INTERVENSI MOTIVASI KERJA: HUBUNGAN KOMPETENSI DAN KEPATUHAN PADA STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN

Permata Sari, Luciana Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilandaskan pada masalah penurunan kunjungan pasien rawat jalan secara signifikan mulai dari tahun 2019 – 2021 yang diprediksi karena dinamika kualiats pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh kompetensi dan kepatuhan pada SPO terhadap kualitas pelayanan dengan motivasi kerja variabel intervening dengan menggunakan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah perawat rawat jalan yang berjumlah 51 personil. Desain sampel menggunakan probability sampling dengan teknik sampel jenuh yang menjadikan seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan dan parsial kompetensi dan kepatuhan pada SPO berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dan kualitas pelayanan, serta motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan sehingga motivasi kerja berperan positif memediasi hubungan kompetensi dan kepatuhan pada SPO dalam peningkatan kualitas pelayanan. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan perawat sebagai dasar pencapaian tujuan organisasi, perlu dibangun sebuah dorongan yang berasal dalam diri perawat maupun dorongan dari organisasi sebagai sebuah dukungan organisasi yang membuat perawat merasa bergairah untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya, sehingga kompetensi yang dimiliki perawat dan kepatuhan perawat pada SPO, akan mampu mencapai efektivitasnya dalam peningkatan kualitas pelayaan perawat di instalasi rawat jalan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

johm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions

Description

ournal of Hospital Management adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang manajemen administrasi rumah sakit. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu di bulan Maret dan ...