jurnal dikdas bantara
Vol. 2 No. 2 (2019)

UPAYAMENINGKATKANKEMANDIRIANDAN PRESTASIBELAJARMATEMATIKAMELALUI MODELPEERTUTORIALDENGAN REINFORCEMENT

yuniati, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika materi persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII C semester 1 MTsN Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran peer tutorial dengan reinforcement. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam2 (dua) siklus, dengan objek penelitian seluruh siswa kelas VIII C semester 1 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes.Analisis data dilakukan dengan 3 tahapan: reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian diperoleh fakta bahwa : 1) Melalui penerapan model pembelajaran  peer  tutorial  dengan  reinforcement  dapat  meningkatkan  kemandirianbelajar matematika dari kondisi awal ke siklus 1 menuju  ke siklus 2 dengan  indikatorberani presentasi di depan kelas dari 9%meningkat menjadi 38 % kemudian 69 % , berani mengajukan pertanyaan/pendapat : dari 13%   menjadi   31 % meningkat 53 %, menyelesaikan soal individu secara mandiri 28% ke 70 % e 91 %, dan menyelesaikan tugas PR 44%  ke 94 % ke 100 % , 2) Melalui penerapan model peer tutorial  pada siklus awal 64 rata 71 dengan ketuntasan 62.5%, meningkat lagi ke kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan 87.5%  pada siswa kelas VIII C semester 1 MTsN Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018.  Kata kunci: Kemandirian, prestasi,,peer tutorial ,reinforcement

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dikdasbantara

Publisher

Subject

Other

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa ...