Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pembuatan alat peraga IPA yang inovatif untuk pembelajaran IPA di Sekolah Dasar menggunakan bahan bekas pakai melalui pembelajaran berbasis proyek. Objek penelitian ini adalah mahasiswa semester VIĀ program studi PGSD FKIP Universitas Trunojoyo Madura pada semester genap tahun akademik 2013/2014 yang terdiri dari kelas A dan B dengan jumlah masing-masing 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk alat peraga yang dihasilkan beragam dan bernilai inovatif, walaupun menggunakan bahan bekas pakai yang sebelumnya kurang bernilai. Dari data nilai laporan 100% semua kelompok mendapai nilai di atas 80, sedangkan untuk nilai produk alat peraga 63,6% mendapat nilai di atas 80, 27,3% mendapat nilai 80 dan 9,1% mendapat nilai di bawah 80. Hal ini berarti pembelajaran berbasis proyek ini mampu meningkatkan kreativitas dan kerjasama mahasiswa dalam kelompok untuk membuat alat peraga dengan hasil pemikiran sendiri maupun modifikasi dari alat peraga yang sudah ada.
Copyrights © 2014