Tujuan utama dari penelitian ini adalah menerapkan suatu model pembelajaran kooperatif yang kreatif dan inovatif serta berpusat pada peserta didik (student centered), yaitu model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatif Integrated Reading and Composition), dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sampang, yang berlokasi di jalan Jaksa Agung Suprato 73 Sampang 69213. Sebagai subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelasĀ XII IPA-7 pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012, berjumlah 32 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran cooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar konsep metabolisme peserta didik kelas XII IPA-7 SMA Negeri 1 Sampang Tahun Pelajaran 2011/2012, yaitu dari 78% peserta didik yang telah mencapai ketuntasan pada siklus I menjadi 94% peserta didik yang telah mencapai ketuntasan pada siklus II, dan (2) penerapan model pembelajaran cooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan respon peserta didik kelas XII IPA-7 SMA Negeri 1 Sampang Tahun Pelajaran 2011/2012, yaitu 79% peserta didik yang memberikan respon setuju atau positif pada siklus I menjadi 92% peserta didik yang memberikan respon sangat setuju atau sangat positif pada siklus II.
Copyrights © 2015