Perkembangan teknologi saat ini memicu memperkaya beragamnya model interaksi pemain gim. Hal ini terjadi karena teknologi semakin mengimitasi fungsi panca indera manusia. Keragaman interaktifitas gim ini juga dipicu oleh sistem dinamis yang telah dirancang sebelumnya. Artikel ini menginvestigasi proses, pola interaksi, dan efeknya terhadap pemain dalam gim “Back in Time”. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan merujuk beberapa pendekatan terkait konsep MDA, alur tantangan, dan estetika interaksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, tinjauan karya, dan focus group discussion (FGD). Investigasi ini menemukan keterkaitan antara ketiga pendekatan yang digunakan. Hubungan ini terjadi pada interaksi dalam menyelesaikan tantangan. Di sisi lain, temuan tersebut juga dipengaruhi oleh kemampuan pemain terhadap desain level gim “Back in Time”. Benang merah yang dapat disarikan adalah tingkat kemampuan dan keterampilan pemain mempengaruhi pengalaman bermain. Sinergi dalam studi ini membuktikan bahwa alur tantangan Csikzentmihalyi terjadi pada dinamika gim “Back in Time”.
Copyrights © 2023