Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat setiap tahun menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Kafe Ra Kopiran, sebuah usaha kecil menengah yang berlokasi di Yogyakarta, menghadapi beberapa tantangan dalam proses bisnisnya, belum adanya sistem pemesanan menu yang dapat menampilkan menu up-to-date dan pembayaran digital mengakibatkan pelayanan kurang maksimal. Menyadari tantangan ini, Kafe Ra Kopiran berupaya untuk melakukan inovasi dengan mengimplementasikan teknologi informasi guna meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pemesanan menu berbasis website yang dilengkapi dengan Payment Gateway Midtrans untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dalam hal pemilihan menu, melakukan pemesanan dan menyelesaikan pembayaran secara digital. Model pengembangan yang diterapkan dalam sistem pemesanan menu ini adalah metode waterfall. Tahapan waterfall yang dilakukan adalah analisis kebutuhan perangkat lunak, perangkat keras dan sistem. Tahapan desain sistem dilakukan dengan menggambarkan sistem menggunakan use case diagram, activity diagram, sequence diagram, entity relationship diagram serta desain antarmuka. Implementasi sistem dilakukan dengan bahasa pemrograman PHP dengan memanfaatkan Framework Laravel versi 11 dan MySQL sebagai RDBMS. Pengujian sistem menggunakan metode black box menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik dan menunjukkan hasil valid pada setiap case yang diuji.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024