Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dimulai akhir tahun 2015 ini, sangat menggiurkan para pelaku bisnis online bagi sebagian masyarakat Indonesia. Media sosial memiliki peran penting dalam proses perdagangan online, terutama bagi start up business, untuk memasarkan serta melakukan transaksi menggunakan media jejaring sosial. Daya beli masyarakat mendorong meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi masyarakat dimana permintaan akan barang-barang konsumsi baik dalam maupun luar negeri juga meningkat. Maraknya peredaran barang dan jasa di pasar membuat customers terkecoh untuk memilih sesuai apa yang dilihat atau diinginkan bukan yang dibutuhkan. Diharapkan konsumen dapat menjadi customers cedas dengan berperilaku cermat, pintar dan bersikap hati-hati ketika hendak mengkonsumsi barang ataupun jasa, dengan meningkatkan pemahaman konsumen tentang hak dan kewajibannya. Tujuan dari penulisan artikel ini diharapkan dapat memberikan masukan dan manfaat sebagai bahan edukasi bagi masyarakat ekonomi, yang gemar menjadi customers belanja online untuk dapat bertransaksi cerdas di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Customers harus mampu mencermati dan mengerti bahkan harus dapat mempertanyakan tentang keunggulan serta keamanan suatu produk yang dijual saat dan sebelum melakukan transaksi perdagangan online. Kata kunci : Edukasi, media sosial, customers cerdas, MEA, transaksi, online
Copyrights © 2015