Critical thinking atau berpikir kritis merupakan  kemampuan untuk  berpikir dengan tingkat yang lebih luas menggunakan proses analisis dan evaluasi. Critical thinking sangat penting untuk melatih siswa sehingga dapat memecahkan masalah. Pembelajaran algoritma pemrograman dapat digunakan untuk melatih kemampuan critical thinking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis Augmented Reality (AR) yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan critical thinking di dalam pembelajaran algoritma pemrograman. Dengan menggunakan fitur multiple marker atau penggabungan marker yang bertujuan untuk menampilkan lebih dari dua objek yang dimaksudkan dapat menarik perhatian user agar menggunakan media interaktif tersebut. Metode yang digunakan adalah research and development (RD) dengan empat tahapan, yaitu: define, design, development, dan evaluation. Untuk menguji usabilitas digunakan kuesioner USE (Usefulness, Satisfaction, and Ease of Use) yang melibatkan 30 siswa (11 laki-laki dan 19 perempuan), partisipan adalah siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) yang pernah melakukan pembelajaran algoritma pemrograman. Parameter yang dinilai yaitu usefulness, ease of use, ease of learning sebagai variable independent dan satisfaction sebagai variable dependen. Berdasarkan analisis yang dilakukan, semua variabel mempunyai nilai korelasi yang positif dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 (p-value = 0.000), dengan hasil usefulness (0.002), ease of use (0.001) dan ease of learning (0.001). demikian, maka disimpulkan bahwa media interaktif berbasis AR yang dikembangkan ini usable sebagai media untuk melatih kemampuan critical thinking siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023