Kelulusan tepat waktu merupakan salah satu cara menilai kualitas sebuah perguruan tinggi. Artikel ini membahas penerapan analisis diskriminan dalam menentukan kelulusan mahasiswa dengan mempertimbangkan lima indikator utama, yaitu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Pelatihan Pengembangan Diri (PPD), Prestasi, Kegiatan Organisasi (KO), dan Forum Komunikasi Kampus (FKK). Dengan menganalisis data historis, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kontribusi dari masing-masing indikator terhadap kecepatan lulus mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kelompok responden yang lulus cepat dan tidak lulus cepat dengan indikator IPK sebagai variabel paling efisien dalam membedakan kedua kelompok tersebut. Fungsi diskriminan yang dihasilkan mempunyai nilai ketepatan klasifikasi sebesar 73,3%, sehingga dapat digunakan untuk pengklasifikasian kategori kelulusan. Hasil analisis dapat memberikan wawasan mendalam tentang peran dari setiap indikator, membantu mahasiswa agar lebih fokus dalam meningkatkan IPK, dan memungkinkan institusi pendidikan untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mendukung mahasiswa menuju kelulusan. Pendekatan analisis diskriminan pada lima indikator ini membuka pintu bagi perbaikan kontinu dalam sistem evaluasi kelulusan, menciptakan landasan bagi kebijakan pendidikan yang berorientasi pada hasil dan memberikan dampak positif pada kualitas Pendidikan.
Copyrights © 2024