Pentingnya nilai kredibilitas diterapkan oleh media online dalam setiap pemberitaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kredibilitas pemberitaan media Vice Indonesia dalam dimensi accuracy, dimensi believability, dimensi bias dan dimensi completeness. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan analisis isi berita dengan pendekatan teknik filling system. Untuk teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini berfokus pada enam pemberitaan pada media vice.com/id selama periode 12 Januari – 28 Maret 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberitaan pada media vice.com/id dalam dimensi acuraccy, pada berita pertama, ketiga dan keempat terdapat kesalahan penulisan berita sehingga tidak memenuhi unsur dimensi accuracy. Sedangkan berita kedua, kelima dan keenam sudah memehuni unsur dimensi accuracy. Pemberitaan media vice.com/id pada keenam berita yang dianalisis sudah memenuhi dimensi believability, dengan mencantumkan kutipan hasil wawancara serta sumber informasi dari informan expert, juga tidak ditemukan unsur-unsur opinionative dalam berita. Pemberitaan pada media vice.com/id dalam dimensi bias, pada berita pertama, ketiga, keempat, kelima dan keenam tidak memenuhi dimensi bias karena hanya memberitakan dari satu sudut pandang berita. Sedangkan pada berita kedua dalam pemberitaannya mengambil dari dua sudut pandang berbeda. Pemberitaan pada media vice.com/id dalam dimensi completeness, dari keenam berita yang dianalisis secara keseluruhan telah memenuhi unsur-unsur kelengkapan berita yakni 5W+1H.
Copyrights © 2023