Keinginan untuk tampil sempurna mendorong individu untuk selalu menampilkan aspek terbaik dari diri mereka, yang pada gilirannya meningkatkan minat untuk menggunakan produk kecantikan. Pengambilan keputusan dalam pembelian produk kecantikan berkaitan erat dengan konsep diri dan kepercayaan diri seseorang. Individu dengan konsep diri negatif cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh konsep diri dan kepercayaan diri secara individu maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di Sociolla. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan melibatkan 112 pelanggan Sociolla yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data yang diperoleh berupa skala konsep diri, kepercayaan diri, dan keputusan pembelian yang didistribusikan kepada responden. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individu, konsep diri tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (sig. 0,271, p>0,05), sementara kepercayaan diri memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian (sig. 0,003, p<0,05), dan secara bersama-sama, konsep diri dan kepercayaan diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di Sociolla (sig. 0,000, p<0,05).
Copyrights © 2024