Caraka : Indonesia Journal of Communication
Vol 4, No 2 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication

Pendekatan Public Relations Untuk Mengatasi Gap Komunikasi Antar Generasi di Perusahaan Summertide

Julieta, Dita (Unknown)
Putri, Wirda Yulita (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan public relations perusahaan Summertide untuk mengatasi gap komunikasi antar generasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian fungsi publc relations pada Summertide dijalankan oleh divisi lain, dengan menggunakan teori two ways symmetrical sebagai pendekatan public relations komunikasi antar generasi di Summertide terdiri dari tiga aspek yaitu: (1) Kredibilitas, dipengaruhi oleh pendidikan dan pengalaman individu membuat setiap generasi memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing; (2) Keterbukaan komunikasi dilakukan secara online dan offline untuk penyebaran informasi, diskusi, hingga pemecahan masalah. Dalam penerapannya peneliti menemukan hambatan yang muncul akibat perbedaan generasi, sehingga keterbukaan tidak berjalan maksimal; (3) Konsistensi, karyawan dan atasan yang berbeda generasi secara konsisten dan berkelanjutan berkomunikasi baik secara daring maupun tatap muka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hanya satu dari tiga indikator sebagai penentu komunikasi efektif yang terlaksana dengan baik, kedua indikator lainnya tidak terlaksana dengan maksimal sehingga komunikasi di perusahaan Summertide belum efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

caraka

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

CARAKA Indonesian Journal of Communication is a peer-reviewed journal organized and published by the Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Accepted paper will be available online (free access), and there will be no publication fee. The author will get their own personal copy of ...