Acta Diurna: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 20 No 1 (2024)

THE USE OF SOCIAL MEDIA FOR PERSONAL BRANDING PURPOSE

Fitriani, Nur Alfa (Unknown)
Firmansyah, Mochammad Ikhsan (Unknown)
Oktaviani, Resty (Unknown)
Rizkyanfi, Mochamad Whilky (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Media sosial dapat dijadikan alat untuk seseorang dalam menampilkan citra dirinya. Hal ini sejalan dengan pengertian personal branding menurut Erwin dan Tumewu (2015) yaitu suatu kesan yang didapatkan seseorang berkat prestasi, perilaku, dan keahlian yang dibangun melalui usaha sadar dan sengaja atau tidak sengaja dengan tujuan mempresentasikan nilai diri. Personal branding juga dapat dijadikan suatu ciri khas diri yang digunakan oleh individu guna mempermudah publik dalam mengingat dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam terkait fenomena yang terjadi pada salah satu influencer muda Indonesia yaitu Leonardo Edwin dalam memanfaatkan media sosialnya untuk personal branding. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap Leonardo Edwin yang memanfaatkan media sosial untuk membangun personal branding dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial sebagai sarana untuk membangun personal branding dinilai sangat efektif dan memberikan dampak yang sangat positif bagi kalangan masyarakat dan dirinya sendiri. Media sosial yang dimanfaatkan dengan baik seperti yang dilakukan oleh Leonardo Edwin dapat menjadi sebuah inspirasi dan motivasi bagi para remaja ataupun orang dewasa dalam menggunakan media sosial sebagai sarana personal branding. Terutama kaum muda yang lebih melek teknologi, sudah seharusnya dapat menggunakan teknologi seperti media sosial ini untuk hal yang berfaedah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

acta_diurna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JAD aims to encourage research in communication studies. Topics addressed within the journal include but are not limited to: Media dan culture studies; Political communication; Cross-cultural communication; Business communication; Organizational communication; Health ...